Metode tanya jawab
Metode tanya jawab
menurut para ahli - Pengertian metode tanya jawab pembelajaran -
kelebihan metode tanya jawab - langkah langkah metode tanya jawab.
Silahkan sahabat baca kelebihan dan kekurangan metode tanya jawab
dibawah ini
Metode tanya jawab adalah suatu cara penyampaian pelajaran oleh guru
dengan jalan mengajukan pertanyaan dan murid menjawab.
Metode ini
dimaksudkan untuk meninjau pelajaran yang lalu agar para murid
memusatkan lagi perhatiannya tentang sejumlah kemajuan yang telah
dicapai sehingga dapat melanjutkan pada pelajaran berikutnya dan untuk
merangsang perhatian murid. Metode ini dapat digunakan sebagai
spersepsi, selingan, dan evaluasi. (Drs. Imansjah Ali Pandie; 1984, 79).
Penggunaan metode tanya jawab dapat dinilai sebagai metode yang cukup
wajar dan tepat, apabila penggunaannya dipergunakan untuk:
Merangsang agar perhatian anak terarah pada suatu bahan pelajaran
yang sedang dibicarakan.
Mengarahkan proses berfikir dan pengamatan anak didik.
Meninjau atau melihat penguasaan anak didik terhadap materi/bahan
yang telah diajarkan sebagai bahan pertimbangan untuk melanjutkan materi
berikutnya
Melaksanakan ulangan, evaluasi dan memberikan selingan dalam ceramah
(Zuhairini, 1993)
Kelebihan dan kelemahan metode tanya jawab
Sebagai salah satu metode interaksi edukatif, metode tanya jawab
mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan metode lainnya.
Di
samping terdapat kelemahan-kelemahannya. Menurut Imansyah Ali Pandie
kelebihan metode tanya jawab terletak pada:
Suasana kelas lebih hidup karena murid-murid berpikir aktif.
Sangat positif untuk melatih anak untuk berani mengemukakan pendapat
secara lisan dan teratur.
Murid yang biasanya malas memperhatikan menjadi lebih hati-hati dan
sungguh-sungguh mengikuti pelajaran.
Walaupun pelajaran berjalan agak lambat tetapi guru dapat melakukan
kontrol terhadap pemahaman murid.
Sedangkan kelemahan metode tanya jawab terdapat apabila
Terjadi perbedaan pendapat/jawaban maka akan terjadi perdebatan
sengit sehingga mamakan waktu banyak untuk menyelesaikan, terkadang
murid mengalahkan pendapat guru.
Kemungkinan timbul penyimpangan dari pokok persoalan.
Memakan waktu yang lama untuk merangkum bahan pelajaran. Read more
Tidak ada komentar:
Posting Komentar