BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sebagai
seorang guru tentu saja menginginkan siswanya mendapatkan hasil belajar yang
maksimal dari kegiatan belajar mengajar di sekolah seperti yang di ungkapkan Gagne ada lima kategori hasil belajar, yakni : informasi verbal,
kecakapan intelektul, strategi kognitif, sikap dan keterampilan, senada dengan Bloom mengungkapkan tiga tujuan pengajaran
yang merupakan kemampuan seseorang yang harus dicapai dan merupakan hasil
belajar yaitu : kognitif, afektif dan psikomotorik (Sudjana, 1990:22). Jadi hasil belajar tercermin dari kognitif menyangkut kecerdasan atau intelektualitasnya, seperti pengetahuan yang
dikuasai maupun cara berpikir, afektif menyangkut aspek perasaan dan emosi, dan psikomotorik mencakup kemampuan yang
menyangkut ketrampilan fisik dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu,
seperti ketrampilan dalam bidang.
Namun
kondisi kondisi pembelajaran di Kelas III SDN Sasakpanjang 01 belum tercapai
seperti apa yang diharapkan yaitu pada mata pelajaran IPA hanya 9 siswa
(30 %)
yang nilainya baik, 5 siswa (16,67%) nilainya sedang dan 16 siswa (53,33%) nilainya kurang
maka penulis identifikasi dan analisa seperti dibawah ini ;
1.
Identifikasi Masalah
Nilai ulangan harian mata pelajaran IPA kelas III SDN Sasakpanjang 01 pada Kompetensi Dasar 6.2 Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca dalam materi hubungan antara keadaan awan dan cuaca, dari 30 orang siswa 9 siswa (30 %) yang
nilainya baik, 5 siswa (16,67%) nilainya sedang dan 16 siswa (53,33%) nilainya
kurang atau dapat
dikategorikan belum tuntas, hal tersebut penulis analisa seperti dibawah ini .
2.
Analisis Masalah
Setelah penulis analisa mengapa banyak sekali siswa yang nilainya masih dalam kategori kurang ternyata disebabkan oleh :
1) Karena siswa tidak fokus bila guru
menerangkan
2) Dalam menyerap materi pelajaran
penanggapan siswa berbeda-beda sebagian besar daya tangkapnya lemah karena
menrut mereka materi tersebut tidak menarik
3) Guru tidak melakukan berbagai metode
pendekatan belajar mengajar.
4) Faktor – faktor yang mempengaruhi rendahnya
nilai siswa di akhir pembelajaran adalah Kurangnya alat peraga dan metode yang tepat, penjelasan guru tidak terperinci dan terlalu
cepat, dan penjelasan didominasi oleh guru.
3.
Pemecahan Masalah
Berdasarkan Identifikasi dan analisis masalah di atas maka pemecahannya
penulis melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode pengamatan,
dengan dua (2) siklus.
B. Rumusan Masalah
Dengan
begitu luasnya materi pelajaran IPA kelas III SD dan kompleksnya masalah
dalam proses belajar mengajar maka akan
dirumuskan rumusan masalah sebagai berikut :
“Bagaimana meningkatkan hasil
belajar siswa dalam materi hubungan antara keadaan awan dan cuaca melalui
metode pengamatan pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN Sasakpanjang 01 Kec.
Tajurhalang Kab. Bogor ?”
C. Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
1. Meningkatkan hasil belajar siswa kognitif, afektif dan psikomotorik;
2. Penerapan metode pengamatan lingkungan sekitar untuk memahami hubungan cuaca keadaan awan dan cuaca.
3. Penggunaan alat peraga Proses Terjadinya
hujan untuk memahami hubungan cuaca keadaan awan dan cuaca.
D.
Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran
1. Bagi Siswa
a. Membiasakan anak melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar ruang
atau tempat, setiap gerak (benda, peristiwa, orang, hewan) selalu berada dalam
ruang atau tempat tertentu, dan keseluruhan dari benda atau gejala yang ada
dalam ruang yang menciptakan suatu suasana tertentu.
b. Membiasakan siswa berani bertanya
c. Menjadikan siswa memiliki motivasi yang
tinggi dalam belajar
d. Membiasakan anak berani tampil
e. Merasa diperhatikan oleh guru sehingga
belajar siswa meningkat
f. Mau bekerja sama dan menghargai teman
g. Siswa dapat membuat kesimpulan
h. Hasil belajar siswa terus meningkat
2. Bagi Guru
a. Meningkatkan Profesionalitas guru dalam
mengajar
b. Menjadikan guru sebagai idola dan bentuk
contoh yang patut ditiru oleh siswanya
c. Meningkatkan kinerja guru dalam memilih
metode dan alat pembelajaran
3. Manfaat Bagi Sekolah
a. Meningkatnya prestasi mata pelajaran IPA
b. Meningkatkan mutu pendidikan
c. Menjadikan lingkungan sekolah sebagai
tempat yang menyenangkan untuk proses belajar mengajar bagi guru dan siswa
d. Mendorong efektifitas dan efesiensi kerja
bagi guru dan staf disekolah.
Stilletto Titanium Hammer Glaze | Shop Online
BalasHapusStilletto Stainless Steel Glaze · 1.4 oz. · 2.4 oz. · 3.4 oz. · 4 womens titanium wedding bands oz. · 5 oz. · 6 oz. · 7 oz. · 8 does titanium set off metal detectors oz. · 9 oz. · 10 oz. · 11 oz. · 12 oz. · 13 oz. titanium razor · 14 oz. titanium mountain bikes · 15 titanium exhaust wrap oz. · 16 oz. · 17 oz.