Kamis, 24 Januari 2013

BAB I Pendahuluan PKP


BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang
Sebagai seorang guru tentu saja menginginkan siswanya mendapatkan hasil belajar yang maksimal dari kegiatan belajar mengajar di sekolah seperti yang di ungkapkan Gagne ada lima kategori hasil belajar, yakni : informasi verbal, kecakapan intelektul, strategi kognitif, sikap dan keterampilan, senada dengan  Bloom mengungkapkan tiga tujuan pengajaran yang merupakan kemampuan seseorang yang harus dicapai dan merupakan hasil belajar yaitu : kognitif, afektif dan psikomotorik (Sudjana, 1990:22). Jadi hasil belajar tercermin dari kognitif menyangkut kecerdasan atau intelektualitasnya, seperti pengetahuan yang dikuasai maupun cara berpikir, afektif menyangkut aspek perasaan dan emosi, dan psikomotorik mencakup kemampuan yang menyangkut ketrampilan fisik dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu, seperti ketrampilan dalam bidang.
Namun kondisi kondisi pembelajaran di Kelas III SDN Sasakpanjang 01 belum tercapai seperti apa yang diharapkan yaitu pada  mata pelajaran IPA hanya 9 siswa (30 %)  yang nilainya baik, 5 siswa (16,67%) nilainya sedang dan 16 siswa (53,33%) nilainya kurang maka penulis identifikasi dan analisa seperti dibawah ini ;

1.         Identifikasi Masalah
Nilai ulangan harian mata pelajaran IPA kelas III SDN Sasakpanjang 01  pada Kompetensi Dasar 6.2 Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca dalam materi  hubungan antara keadaan awan dan cuaca, dari  30 orang siswa 9 siswa (30 %)  yang nilainya baik, 5 siswa (16,67%) nilainya sedang dan 16 siswa (53,33%) nilainya kurang atau dapat dikategorikan belum tuntas, hal tersebut penulis analisa seperti dibawah ini .
2.         Analisis Masalah
Setelah penulis analisa mengapa banyak sekali siswa yang nilainya masih dalam kategori kurang  ternyata disebabkan oleh :
1)      Karena siswa tidak fokus bila guru menerangkan
2)      Dalam menyerap materi pelajaran penanggapan siswa berbeda-beda sebagian besar daya tangkapnya lemah karena menrut mereka materi tersebut tidak menarik
3)      Guru tidak melakukan berbagai metode pendekatan belajar mengajar.
4)      Faktor – faktor yang mempengaruhi rendahnya nilai siswa di akhir pembelajaran adalah Kurangnya alat peraga dan metode yang tepat, penjelasan guru tidak terperinci dan terlalu cepat, dan penjelasan didominasi oleh guru.

3.         Pemecahan Masalah
Berdasarkan Identifikasi dan analisis masalah di atas maka pemecahannya penulis melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode pengamatan, dengan dua (2) siklus.

B.     Rumusan Masalah
Dengan begitu luasnya materi pelajaran IPA kelas III SD dan kompleksnya masalah dalam proses belajar mengajar  maka akan dirumuskan rumusan masalah sebagai berikut  :
“Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi hubungan antara keadaan awan dan cuaca melalui metode pengamatan pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN Sasakpanjang 01 Kec. Tajurhalang Kab. Bogor  ?




C.    Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
1.      Meningkatkan hasil belajar siswa kognitif, afektif dan psikomotorik;
2.      Penerapan metode pengamatan lingkungan sekitar  untuk memahami hubungan cuaca keadaan awan dan cuaca.
3.      Penggunaan alat peraga Proses Terjadinya hujan untuk memahami hubungan cuaca keadaan awan dan cuaca.

D.    Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran
1.      Bagi Siswa
a.       Membiasakan anak melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar ruang atau tempat, setiap gerak (benda, peristiwa, orang, hewan) selalu berada dalam ruang atau tempat tertentu, dan keseluruhan dari benda atau gejala yang ada dalam ruang yang menciptakan suatu suasana tertentu.
b.      Membiasakan siswa berani bertanya
c.       Menjadikan siswa memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar
d.      Membiasakan anak berani tampil
e.       Merasa diperhatikan oleh guru sehingga belajar siswa meningkat
f.       Mau bekerja sama dan menghargai teman
g.      Siswa dapat membuat kesimpulan
h.      Hasil belajar siswa terus meningkat
2.      Bagi Guru
a.       Meningkatkan Profesionalitas guru dalam mengajar
b.      Menjadikan guru sebagai idola dan bentuk contoh yang patut ditiru oleh siswanya
c.       Meningkatkan kinerja guru dalam memilih metode dan alat pembelajaran
3.      Manfaat Bagi Sekolah
a.       Meningkatnya prestasi mata pelajaran IPA
b.      Meningkatkan  mutu pendidikan
c.       Menjadikan lingkungan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan untuk proses belajar mengajar bagi guru dan siswa
d.      Mendorong efektifitas dan efesiensi kerja bagi guru dan staf disekolah.









1 komentar:

  1. Stilletto Titanium Hammer Glaze | Shop Online
    Stilletto Stainless Steel Glaze · 1.4 oz. · 2.4 oz. · 3.4 oz. · 4 womens titanium wedding bands oz. · 5 oz. · 6 oz. · 7 oz. · 8 does titanium set off metal detectors oz. · 9 oz. · 10 oz. · 11 oz. · 12 oz. · 13 oz. titanium razor · 14 oz. titanium mountain bikes · 15 titanium exhaust wrap oz. · 16 oz. · 17 oz.

    BalasHapus