Jumat, 25 Januari 2013

RPP Pra Siklus 1 2 3


RENCANA PEMBELAJARAN (Pra Siklus)


Nama Sekolah                                    :   SDN SASAKPANJANG 01
Mata Pelajaran                        :   Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                       :   III/2
Pertemuan Ke-                       :   58
Alokasi Waktu                       :   1 Jam Pelajaran (1x35 menit )


A.    Standar Kompetensi
6.  Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan   pengaruhnya
bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam

B.     Kompetensi Dasar
6.2 Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca

C.    Indikator
1.      Mengidentifikasi kondisi cuaca, misalnya berawan, cerah, panas, dingin, dan hujan
2.      Meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasar-kan keadaan langit, misalnya awan tebal mungkin akan turun hujan

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu :
1.      menjelaskan cuaca, misalnya berawan, cerah, panas, dingin, dan hujan;
2.      meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit, misalnya awan tebal mungkin akan terjadi hujan;

E.     Kegiatan  Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal (5 menit)
-          Mengucapkan salam
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran
-          Guru menanyakan kepada siswa tentang cuaca hari ini



2.      Kegiatan Inti (25 menit)
-          Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan cuaca.
-          Guru menampilkan alat peraga (Gambar Proses Terjadinya Hujan)
-          Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai macam kondisi cuaca.
-          Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kondisi cuaca pada saat cerah, berawan, dan hujan.
3.      Penutup
-          Siswa dengan bantuan guru menyimpulkan hasil pelajaran
-          Kegiatan tindak lanjut

F.     Materi, Media dan Sumber
Materi             : Keadaan Langit dan Keadaan Cuaca
Media                         : Chart Proses Terjadinya HUjan
Sumber           : KTSP, BSE IPA Kelas III SD Penulis Sularmi Halaman 131-135

G.    Evaluasi
1.      Awal         :  -
2.      Proses       : Mengamati siswa dalam menjawab dan memberikan tanggapan
3.      Akhir        : Tes Tertulis


                                                                                  Sasakpanjang,     Maret 2012
Supervisor II,                                                                        Mahasiswa



DADIH, S.Pd                                                                                   UDING
            NIP. 196610281992031008                                      NIM. 813 722 829
                                                          
Mengetahui
Kepala Sekolah        



Rojali, S.Pd
NIP. 195806171979121003
EVALUASI PRA SIKLUS

Nama : _____________


  1. Jelaskan pengertian cuaca !
  2. Sebutkan macam-macam cuaca !
  3. Saat cuaca cerah keadaan langit akan ........
  4. Air dipermukaan Bumi akan menguap menjadi ......
  5. Butiran – butiran air yang terkumpul akan membentuk ......

Jawab
1.       ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.       ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.       ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.       ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.       ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................






KUNCI JAWABAN

1.      Perubahan udara pada suatu tempat dalam jangka waktu tertentu.
2.      Cerah, berawan, dan hujan
3.      Terang
4.      Uap air
5.      Awan



                                                                                                                   
Skor Penilaian
KKM = 6
Skor Maksimal  = 5 x 20 = 10





























AIR Bawah Tanah
SIKLUS HIDROLISI
Penguapan AIR
HUJAN
MATAHARI
AWAN
Kondensasi (Pengembunan)
ALAT PERAGA
Proses Terjadinya Hujan




























RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN SIKLUS 1


Nama Sekolah                                    :   SDN SASAKPANJANG 01
Mata Pelajaran                        :   Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                       :   III/2
Pertemuan Ke-                       :   58
Alokasi Waktu                       :   1 Jam Pelajaran (1x35 menit )


Standar Kompetensi
6.  Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan   pengaruhnya
bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam

Kompetensi Dasar
6.2   Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca

A.    Indikator
·         Mengidentifikasi kondisi cuaca, misalnya berawan, cerah, panas, dingin, dan hujan
·         Meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasar-kan keadaan langit, misalnya awan tebal mungkin akan turun hujan

B.     Tujuan Perbaikan
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu :
·         menjelaskan cuaca, misalnya berawan, cerah, panas, dingin, dan hujan;
·         meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit, misalnya awan tebal mungkin akan terjadi hujan;

C.    Kegiatan Perbaikan
1.      Kegiatan Awal (5 menit)
-          Mengucapkan salam
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran
-          Guru menanyakan kepada siswa tentang cuaca hari ini

2.      Kegiatan Inti (25 menit)
-          Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan cuaca.
-                      Guru menampilkan alat peraga (Gambar Proses Terjadinya Hujan)
-                      Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai macam kondisi cuaca.
-                      Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kondisi cuaca pada saat cerah, berawan, dan hujan.
-                      Guru memberikan lembar soal evaluasi
3.      Penutup (5 menit)
-          Siswa dengan bantuan guru menyimpulkan hasil pelajaran
-          Kegiatan tindak lanjut

D.    Materi, Media dan Sumber
Materi             : Keadaan Langit dan Keadaan Cuaca
Media                         : Chart Proses Terjadinya HUjan
Sumber           : KTSP, BSE IPA Kelas III SD Penulis Sularmi Halaman 131-135

E.     Evaluasi
·         Awal   :  -
·         Proses : Mengamati siswa dalam menjawab dan memberikan tanggapan
·         Akhir  : Tes Tertulis
                                                                                  Sasakpanjang,     Maret 2012
Supervisor II,                                                                        Mahasiswa



DADIH, S.Pd                                                                       UDING
            NIP. 196610281992031008                                      NIM. 813 722 829
                                                          
Mengetahui
Kepala Sekolah        



Rojali, S.Pd
NIP. 195806171979121003
EVALUASI SIKLUS 1

Nama : _____________


1.      Jelaskan pengertian cuaca !
2.      Sebutkan macam-macam cuaca !
3.      Saat cuaca cerah keadaan langit akan ........
4.      Air dipermukaan Bumi akan menguap menjadi ......
5.      Butiran – butiran air yang terkumpul akan membentuk ......

Jawab
1.       ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.       ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.       ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.       ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.       ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................






KUNCI JAWABAN

1.      Perubahan udara pada suatu tempat dalam jangka waktu tertentu.
2.      Cerah, berawan, dan hujan
3.      Terang
4.      Uap air
5.      Awan



                                                                                                                   
Skor Penilaian
KKM = 6
Skor Maksimal  = 5 x 20 = 10




















RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN SIKLUS 2


Nama Sekolah                                    :   SDN SASAKPANJANG 01
Mata Pelajaran                        :   Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                       :   III/2
Pertemuan Ke-                       :   58
Alokasi Waktu                       :   1 Jam Pelajaran (1x35 menit )


Standar Kompetensi
6.  Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan   pengaruhnya
bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam

Kompetensi Dasar
6.3   Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca

A.    Indikator
·         Mengidentifikasi kondisi cuaca, misalnya berawan, cerah, panas, dingin, dan hujan
·         Meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasar-kan keadaan langit, misalnya awan tebal mungkin akan turun hujan

B.     Tujuan Perbaikan
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu :
·         menjelaskan cuaca, misalnya berawan, cerah, panas, dingin, dan hujan;
·         meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit, misalnya awan tebal mungkin akan terjadi hujan;

C.    Kegiatan Perbaikan
1.         Kegiatan Awal (5 menit)
-          Mengucapkan salam
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran
-          Guru menanyakan kepada siswa tentang cuaca hari ini

2.         Kegiatan Inti (25 menit)
-          Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan cuaca.
-          Guru menjelaskan materi Keadaan Langit dan Keadaan Cuaca
-          Guru menjelaskan proses terjadinya hujan dengan gambar
-          Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia
-          Guru memberikan lembar soal evaluasi
3.         Penutup (5 menit)
-          Siswa dengan bantuan guru menyimpulkan hasil pelajaran
-          Kegiatan tindak lanjut

D.    Materi, Media dan Sumber
Materi             : Keadaan Langit dan Keadaan Cuaca
Media                         : Chart Proses Terjadinya HUjan
Sumber           : KTSP, BSE IPA Kelas III SD Penulis Sularmi Halaman 131-135

E.     Evaluasi
·         Awal         :  -
·         Proses       : Mengamati siswa dalam menjawab dan memberikan tanggapan
·         Akhir        : Tes Tertulis

                                                                                  Sasakpanjang,     Maret 2012
Supervisor II,                                                                        Mahasiswa



DADIH, S.Pd                                                                       UDING
            NIP. 196610281992031008                                      NIM. 813 722 829
                                                          
Mengetahui
Kepala Sekolah        



Rojali, S.Pd
NIP. 195806171979121003 \

EVALUASI  SIKLUS 2

Nama : _____________


1.      Jelaskan pengertian cuaca !
2.      Sebutkan macam-macam cuaca !
3.      Saat cuaca cerah keadaan langit akan ........
4.      Air dipermukaan Bumi akan menguap menjadi ......
5.      Butiran – butiran air yang terkumpul akan membentuk ......

Jawab
1.       ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.       ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.       ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.       ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.       ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................






KUNCI JAWABAN

1.      Perubahan udara pada suatu tempat dalam jangka waktu tertentu.
2.      Cerah, berawan, dan hujan
3.      Terang
4.      Uap air
5.      Awan



                                                                                                                   
Skor Penilaian
Skor Maksimal  = 5 x 20 = 10



















DAFTER NILAI PRA SIKLUS


No
Nama
NILAI
Analisis Nilai
Keterangan


1
ABDUL PATAH
50,00
Kurang
Kurang

2
ABIM MULIA L W
50,00
Kurang
Kurang

3
ADE APRILIA
70,00
Sedang
Cukup

4
ADE WAHYUDIN
70,00
Sedang
Cukup

5
AGUNG ARYA PUTRA
80,00
Baik
Baik

6
AHMAD FAUZI
80,00
Baik
Baik

7
AHMAD FIQRI
100,00
Baik
FALSE

8
AJIS SAPUTRA
50,00
Kurang
Kurang

9
ALFIANSYAH
50,00
Kurang
Kurang

10
ALFI FERDIANSYAH
80,00
Baik
Baik

11
ALVIANI SUPARMAN
70,00
Sedang
Cukup

12
ANDREANSYAH
80,00
Baik
Baik

13
ANISA PUTRI
50,00
Kurang
Kurang

14
ANIS YULIATRI
50,00
Kurang
Kurang

15
ANNISA
70,00
Sedang
Cukup

16
APRIYANI
50,00
Kurang
Kurang

17
ARIKA RATNATIKA
90,00
Baik
Sangat Baik

18
ARIL ARYA PRATAMA
50,00
Kurang
Kurang

19
ARIS MUNANDAR
70,00
Sedang
Cukup

20
ASTRI DWI UTARI
50,00
Kurang
Kurang

21
ATIA ANGGRAINI
50,00
Kurang
Kurang

22
AVIRA SABLIANTY
50,00
Kurang
Kurang

23
AZIS MAULANA I
80,00
Baik
Baik

24
AZZAHRA CYNDIATAMA
50,00
Kurang
Kurang

25
BAYU ARIANTO
50,00
Kurang
Kurang

26
BELLA YOLANDA
80,00
Baik
Baik

27
DAFFA AKBAR P.
50,00
Kurang
Kurang

28
DEA AMARTA D.
50,00
Kurang
Kurang

29
DEA AMELIA
80,00
Baik


30
DELA PUSPITA SILEGAR
50,00
Kurang


Jumlah
1900,00



Rata-Rata
63,33



Terbesar (Max)
100,00



Tekecil
50,00






DAFTAR NILAI SIKLUS I

No
Nama
NILAI
Analisis Nilai
Keterangan


1
ABDUL PATAH
70,00
Sedang
Cukup

2
ABIM MULIA L W
70,00
Sedang
Cukup

3
ADE APRILIA
80,00
Baik
Baik

4
ADE WAHYUDIN
80,00
Baik
Baik

5
AGUNG ARYA PUTRA
90,00
Baik
Sangat Baik

6
AHMAD FAUZI
90,00
Baik
Sangat Baik

7
AHMAD FIQRI
100,00
Baik
FALSE

8
AJIS SAPUTRA
70,00
Sedang
Cukup

9
ALFIANSYAH
70,00
Sedang
Cukup

10
ALFI FERDIANSYAH
90,00
Baik
Sangat Baik

11
ALVIANI SUPARMAN
80,00
Baik
Baik

12
ANDREANSYAH
90,00
Baik
Sangat Baik

13
ANISA PUTRI
70,00
Sedang
Cukup

14
ANIS YULIATRI
70,00
Sedang
Cukup

15
ANNISA
80,00
Baik
Baik

16
APRIYANI
70,00
Sedang
Cukup

17
ARIKA RATNATIKA
100,00
Baik
FALSE

18
ARIL ARYA PRATAMA
70,00
Sedang
Cukup

19
ARIS MUNANDAR
80,00
Baik
Baik

20
ASTRI DWI UTARI
70,00
Sedang
Cukup

21
ATIA ANGGRAINI
70,00
Sedang
Cukup

22
AVIRA SABLIANTY
70,00
Sedang
Cukup

23
AZIS MAULANA I
90,00
Baik
Sangat Baik

24
AZZAHRA CYNDIATAMA
70,00
Sedang
Cukup

25
BAYU ARIANTO
70,00
Sedang
Cukup

26
BELLA YOLANDA
90,00
Baik
Sangat Baik

27
DAFFA AKBAR P.
70,00
Sedang
Cukup

28
DEA AMARTA D.
70,00
Sedang
Cukup

29
DEA AMELIA
90,00
Baik


30
DELA PUSPITA SILEGAR
70,00
Sedang


Jumlah
2350,00



Rata-Rata
78,33



Terbesar (Max)
100,00



Tekecil
70,00







DAFTER NILAI SIKLUS II

No
Nama
NILAI
Analisis Nilai
Keterangan


1
ABDUL PATAH
90,00
Baik
Sangat Baik

2
ABIM MULIA L W
80,00
Baik
Baik

3
ADE APRILIA
90,00
Baik
Sangat Baik

4
ADE WAHYUDIN
90,00
Baik
Sangat Baik

5
AGUNG ARYA PUTRA
100,00
Baik
FALSE

6
AHMAD FAUZI
100,00
Baik
FALSE

7
AHMAD FIQRI
100,00
Baik
FALSE

8
AJIS SAPUTRA
80,00
Baik
Baik

9
ALFIANSYAH
80,00
Baik
Baik

10
ALFI FERDIANSYAH
100,00
Baik
FALSE

11
ALVIANI SUPARMAN
90,00
Baik
Sangat Baik

12
ANDREANSYAH
100,00
Baik
FALSE

13
ANISA PUTRI
80,00
Baik
Baik

14
ANIS YULIATRI
80,00
Baik
Baik

15
ANNISA
90,00
Baik
Sangat Baik

16
APRIYANI
80,00
Baik
Baik

17
ARIKA RATNATIKA
100,00
Baik
FALSE

18
ARIL ARYA PRATAMA
70,00
Sedang
Cukup

19
ARIS MUNANDAR
90,00
Baik
Sangat Baik

20
ASTRI DWI UTARI
80,00
Baik
Baik

21
ATIA ANGGRAINI
70,00
Sedang
Cukup

22
AVIRA SABLIANTY
80,00
Baik
Baik

23
AZIS MAULANA I
100,00
Baik
FALSE

24
AZZAHRA CYNDIATAMA
80,00
Baik
Baik

25
BAYU ARIANTO
70,00
Sedang
Cukup

26
BELLA YOLANDA
100,00
Baik
FALSE

27
DAFFA AKBAR P.
70,00
Sedang
Cukup

28
DEA AMARTA D.
80,00
Baik
Baik

29
DEA AMELIA
100,00
Baik


30
DELA PUSPITA SILEGAR
80,00
Baik


Jumlah
2600,00



Rata-Rata
86,67



Terbesar (Max)
100,00



Tekecil
70,00




ALAT PERAGA
BALON YANG DAPAT MEMBERIKAN INFORMASI TENTANG CUACA





















      
Keterangan Gambar :

Balon cuaca adalah balon berisi udara panas yang diterbangkan tinggi ke atmosfer. Balon cuaca membawa peralatan-peralatan canggih ke atmosfer. Ketika balon tersebut naik, peralatan yang berada di dalamnya mulai melakukan pencatatan-pencatatan, seperti tekanan udara, kelembapan udara, dan seberapa panas udara. Pencatatan-pencatatan tersebut kemudian dikirim kembali melalui radio kepada ahli cuaca di Bumi dengan menggunakan sistem yang disebut radiosonde. Beratus-ratus balon diluncurkan setiap harinya di seluruh dunia.

ALAT PERAGA
PESAWAT CUACA



























Keterangan Gambar :

Pesawat cuaca menyediakan pengukuran yang lebih atmosferis dibandingkan balon cuaca. Snoopy adalah nama salah satu pesawat cuaca milik Inggris. Peralatan-peralatannya terdapat di hidung pesawat yang panjang dan runcing sehingga dapat menguji udara yang ada di depan pesawat.

Pesawat cuaca ini yang khusus terbang ke dalam badai untuk melakukan pengukuran. Ini adalah tugas yang berbahaya bagi pilot-pilotnya. Tapi informasi yang mereka kumpulkan membantu untuk memperkirakan jalur angin topan dan menyelamatkan banyak kehidupan.

8 komentar:

  1. Bermanfaat,
    Silahkan kunjungi:
    http://ketik-ptk.blogspot.co.id/2016/08/pkp-terbaru-2016.html

    BalasHapus
  2. If you're looking to lose fat then you certainly need to start following this totally brand new personalized keto meal plan.

    To create this service, certified nutritionists, fitness couches, and chefs joined together to produce keto meal plans that are powerful, decent, price-efficient, and satisfying.

    Since their launch in 2019, 100's of clients have already transformed their body and well-being with the benefits a professional keto meal plan can provide.

    Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover 8 scientifically-tested ones provided by the keto meal plan.

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat dan tidak ribet,mudah dipahami. thanks

    BalasHapus
  4. Mudah dipahami, jadi tambah paham pelaksanaan PTK

    BalasHapus
  5. alhamdulillaah ada gambaran

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. mohon ijin save dan terimakasih sangat membantu..

    BalasHapus