Kamis, 24 Januari 2013

BAB V Kesimpulan dan TIndak Lanjut


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT


A.    KESIMPULAN
Kesimpulannya adalah :
1.    Tindakan perbaikan pembelajaran yang penulis lakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi hubungan antara keadaan awan dan cuaca melalui metode pengamatan pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN Sasakpanjang 01 Kec. Tajurhalang Kab. Bogor 
2.    Berdasarkan analisis nilai hasil evaluasi Pra Siklus  diperoleh data 16 siswa (53,33%) mendapat nilai kurang, 5 siswa (16,67%) mendapat nilai sedang dan hanya 9 siswa (30%) yang mendapat nilai baik. Dari data tersebut dapat diartikan bahwa tujuan pembelajaran belum tercapai sepenuhnya untuk itu perlu diadakan perbaikan pembelajaran. Perbaikan pembelajaran yang penulis lakukan untuk menindak lanjuti adalah 2 (dua) Siklus perbaikan.
3.    Berdasarkan analisis nilai hasil evaluasi Siklus 1  diperoleh data 0 siswa (0%) mendapat nilai kurang, 16 siswa (53,33%) mendapat nilai sedang dan  14 siswa (46,67%) yang mendapat nilai baik. Dari data tersebut dapat diartikan sudah terjadi peningkatan nilai dari Pra Siklus ke Siklus 1.
4.    Berdasarkan analisis nilai hasil evaluasi Siklus 2  diperoleh data tidak ada siswa mendapat nilai kurang, 4 siswa (13,33%) mendapat nilai sedang dan 26 siswa (86,67%) yang mendapat nilai baik. Dari data tersebut dapat diartikan sudah terjadi peningkatan yang signifikan nilai dari Pra Siklus sampai siklus 2. Namun masi ada 4 siswa yang nilainya sedang
5.    Nilai rata-rata kelas pada Pra Siklus 68,67 kemudian meningkat pada siklus 1 yakni 78,33 dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 86,67 dapat dikatakan tindakan perbaikan pembelajaran yang penulis lakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi hubungan antara keadaan awan dan cuaca melalui metode pengamatan pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN Sasakpanjang 01 Kec. Tajurhalang Kab. Bogor 


B.     SARAN TINDAK LANJUT
1.         Setelah melaksanakan pembelajaran dan perbaikan pembelajaran ternyata masih ada saja siswa yang nilainya di bawah standar atau rendah dengan demikian walaupun telah melakukan perbaikan dengan 2 siklus penulis sarankan agar melakukan perbaikan lagi atau remedial sampai tidak ada satupun siswa yang tertinggal atau nilainya rendah
2.         Guru memberikan perhatian lebih kepada siswa yang mendapat nilai terendah mengenai tingkah laku dan aktifitasnya selama berada di Sekolah
3.         Siswa yang daya serap rendah dan selalu mendapat nilai terendeah di kelasnya di anjurkan untuk mengikuti kegiatan belajar di luar sekolah seperti LES atau sejenisnya
4.         Diharapkan kepada semua guru untuk lebih memperhatikan siswa yang memiliki kekurangan atau keterbelakangan dalam belajar dan siswa tersebut mendapat pembelajaran secara khusus dan intensif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar