BAB V
KESIMPULAN
DAN SARAN TINDAK LANJUT
A.
KESIMPULAN
Kesimpulannya adalah :
1.
Tindakan perbaikan pembelajaran yang penulis lakukan
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi hubungan antara keadaan
awan dan cuaca melalui metode pengamatan pada mata pelajaran IPA di kelas III
SDN Sasakpanjang 01 Kec. Tajurhalang Kab. Bogor
2.
Berdasarkan analisis nilai hasil evaluasi Pra Siklus diperoleh data 16 siswa (53,33%) mendapat
nilai kurang, 5 siswa (16,67%) mendapat nilai sedang dan hanya 9 siswa (30%)
yang mendapat nilai baik. Dari data tersebut dapat diartikan bahwa tujuan
pembelajaran belum tercapai sepenuhnya untuk itu perlu diadakan perbaikan
pembelajaran. Perbaikan pembelajaran yang penulis lakukan untuk menindak
lanjuti adalah 2 (dua) Siklus perbaikan.
3.
Berdasarkan analisis nilai hasil evaluasi Siklus 1 diperoleh data 0 siswa (0%) mendapat nilai
kurang, 16 siswa (53,33%) mendapat nilai sedang dan 14 siswa (46,67%) yang mendapat nilai baik.
Dari data tersebut dapat diartikan sudah terjadi peningkatan nilai dari Pra
Siklus ke Siklus 1.
4.
Berdasarkan analisis nilai hasil evaluasi Siklus 2 diperoleh data tidak ada siswa mendapat nilai
kurang, 4 siswa (13,33%) mendapat nilai sedang dan 26 siswa (86,67%) yang
mendapat nilai baik. Dari data tersebut dapat diartikan sudah terjadi
peningkatan yang signifikan nilai dari Pra Siklus sampai siklus 2. Namun masi
ada 4 siswa yang nilainya sedang
5.
Nilai rata-rata kelas pada Pra Siklus 68,67 kemudian
meningkat pada siklus 1 yakni 78,33 dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi
86,67 dapat dikatakan tindakan perbaikan pembelajaran yang penulis lakukan
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi hubungan antara keadaan
awan dan cuaca melalui metode pengamatan pada mata pelajaran IPA di kelas III
SDN Sasakpanjang 01 Kec. Tajurhalang Kab. Bogor
B.
SARAN
TINDAK LANJUT
1.
Setelah
melaksanakan
pembelajaran dan perbaikan pembelajaran ternyata masih ada saja siswa yang
nilainya di bawah standar atau rendah dengan demikian walaupun telah melakukan
perbaikan dengan 2 siklus penulis sarankan agar melakukan perbaikan lagi atau
remedial sampai tidak ada satupun siswa yang tertinggal atau nilainya rendah
2.
Guru memberikan perhatian lebih kepada siswa yang
mendapat nilai terendah mengenai tingkah laku dan aktifitasnya selama berada di
Sekolah
3.
Siswa yang daya serap rendah dan selalu mendapat nilai
terendeah di kelasnya di anjurkan untuk mengikuti kegiatan belajar di luar
sekolah seperti LES atau sejenisnya
4.
Diharapkan
kepada semua guru untuk lebih memperhatikan siswa yang memiliki kekurangan atau
keterbelakangan dalam belajar dan siswa tersebut mendapat pembelajaran secara
khusus dan intensif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar