BAB III
PELAKSANAAN PERBAIKAN
PEMBELAJARAN
A. SUBYEK, TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN
1.
Subyek Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas dilakukan pada Kelas III SDN
Sasakpanjang 01 Kec. Tajurhalang Kabupaten Bogor pada Mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas yang diteliti adalah kelas 3 A yang berjumlah 32 orang
siswa
yang memiliki latar belakang yang berbeda baik tempat tinggalnya, kemampuan
orang tuanya, status sosialnya, daya serapnya, prestasinya dan hasil belajarnya.
2.
Tempat
Penelitian
Penelitian
dilaksanakan di SDN Sasakpanjang 01 Jl. Pemuda No.17 Desa Sasakpanjang
Kecamatan Tajurhalang Kabupaten Bogor.
3.
Waktu Peneltian
Penelitian dilakukan tanggal 5, 6 dan 12 Maret 2012 Perbaikan Pembelajaran
untuk mata pelajaran IPA tiap
siklusnya disusun dengan disesuaikan jadwal pelajaran di sekolah. Yaitu sebagai
berikut :
Tabel
1
Jadwal Penelitian Tindakan Kelas
No
|
Mata Pelajaran
|
Siklus
|
Waktu Pelaksanaan
|
1
2
3
|
IPA
IPA
IPA
|
Pra Siklus
I
II
|
Senin, 5 Maret 2012
Selasa, 6
Maret 2012
Senin, 12 Maret 2012
|
41
|
B. DISAIN PROSEDUR PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Perbaikan Pembelajaran yang dilkukan pada pada Kelas 3 A
SDN Sasakpanjang 01 Kecamatan Tajurhalang Kabupaten Bogor. Mata pelajaran yang
menjadi tujuan perbaikan adalah mata pelajaran IPA dengan Disain
Prosedur Sebagai Berikut :
1.
Mengamati fakta/data pembelajaran IPA di Kelas 3 A SDN
Sasakpanjang 01
2.
Mengidentifikasi masalah yang terjadi di kelas yaitu :
Pada nilai Pra Siklus hanya 9 siswa (30 %) yang nilainya baik, 5 siswa (16,67%) nilainya
sama dengan KKM dan 16 siswa (53,33%) nilainya kurang
3.
Melakukan Analisis Masalah yang terjadi di Kelas III SDN
Rancabungur 03 pada pelajaran PKn. Yaitu sebagai berikut :
·
Karena siswa tidak fokus bila guru menerangkan
·
Dalam menyerap materi pelajaran penanggapan siswa
berbeda-beda sebagian besar daya tangkapnya lemah karena menrut mereka materi
tersebut tidak menarik
·
Guru tidak melakukan berbagai metode pendekatan belajar
mengajar.
·
Faktor – faktor yang mempengaruhi rendahnya nilai siswa
di akhir pembelajaran adalah Kurangnya alat peraga dan metode yang tepat,
penjelasan guru tidak terperinci dan terlalu cepat, dan penjelasan didominasi
oleh guru.
4.
Melakukan Alternatif dan Prioritas Pemecahan
masalah yaitu penulis melakukan 2 (dua) siklus perbaikan pembelajaran IPA Kelas
3 A SDN Sasakpanjang 01.
5.
Menentukan Metode Perbaikan Pembelajaran, penulis
menggunakan metode pengamatan (obsevasi)
6.
Merumuskan Masalah
Rumusan Masalahnya adalah “Bagaimana meningkatkan hasil
belajar siswa dalam materi hubungan antara keadaan awan dan cuaca melalui
metode pengamatan pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN Sasakpanjang 01 Kec.
Tajurhalang Kab. Bogor ?”
7.
Melakukan Tindakan
Tindakan Perbaikan
akan dilaksanakan dengan langkah – langkah sebagai berikut :
a.
Siklus 1 (satu)
1) Kegiatan
Awal (5 menit)
-
Guru
mengkondisikan kelas, berdo’a mengabsen siswa
-
Guru
memotivasi siswa
2) Kegiatan
Inti (25 menit)
-
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang
berhubungan dengan cuaca.
-
Guru menampilkan alat peraga (Gambar
Proses Terjadinya Hujan)
-
Dengan dipandu guru, siswa
menyebutkan berbagai macam kondisi cuaca.
-
Dengan dipandu guru, siswa
menyebutkan kondisi cuaca pada saat cerah, berawan, dan hujan.
-
Guru memberikan lembar soal evaluasi
3) Siswa
Penutup (5 menit)
-
dengan bantuan guru
menyimpulkan hasil pelajaran
-
Guru
mengadakan post tes.
-
Guru
memberikan pujian sebagai motivasi bagi siswa yang aktif dalam kegiatan
belajar,
-
Memberikan
teguran kepada siswa yang belum aktif.
-
Penutup
do’a dan tindak lanjut
b.
Siklus 2 (dua)
1) Kegiatan
Awal (5 menit)
-
Guru
mengkondisikan kelas, berdo’a mengabsen siswa
-
Guru
memotivasi siswa
2) Kegiatan
Inti (25 menit)
-
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang
berhubungan dengan cuaca.
-
Guru
menjelaskan materi Keadaan Langit dan Keadaan Cuaca
-
Guru
menjelaskan proses terjadinya hujan dengan gambar
-
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia
-
Guru
memberikan lembar soal evaluasi
3) Penutup (5 Menit)
-
Siswa dengan bantuan
guru menyimpulkan hasil pelajaran
-
Guru
mengadakan post tes.
-
Guru
memberikan pujian sebagai motivasi bagi siswa yang aktif dalam kegiatan
belajar, dan memberikan teguran kepada siswa yang belum aktif.
-
Penutup
do’a
-
Setelah
pelajaran selesai guru memeriksa hasil belajar siswa dengan menganalisi nilai.
C. Tehnik Analisa Data
Data Pokok dalam pene Data
primer dalam penelitian ini adalah nilai hasil evaluasi siswa pra siklus,
siklus I dan Siklus II, dengan menklasifikasi nilai dengan kriteria kurang,
sedang dan baik Dalam
rangka membantu kelancaran penelitian perbaikan pembelajaran, penulis meminta
bantuan teman sejawat untuk melakukan pengamatan dalam proses pembelajaran yang
dilakukan oleh penulis.
Hal
yang menjadi fokus pengamatan adalah tingkat keaktifan siswa dalam setian
siklus perbaikan pembelajaran.
Aktifitas
siswa dalam kegiatan pembelajaran baik berupa tanya jawab maupun diskusi
kelompok pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Fokus
Pengamatan tersebut meliputi :
v Pengelolaan ruang dan
fasilitas pembelajaran
v Pengelolaan interaksi
kelas
v Memberi petunjuk dan
penjelasan tentang isi pembelajaran
v Memberi umpan balik
terhadap pertanyaan siswa
v Memotivasi dan
memelihara ketertiban siswa
v Memantapkan materi
pembelajaran
v Pelaksanaan Kegiatan
Pembelajaran
v Memulai pelajaran
v Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan tujuan
v Menggunakan alat bantu
(media) yang sesuai
v Melaksanakan
pembelajaran dalam urutan yang logis
v Mengelola waktu
pembelajaran secara efisien
v Bersikap terbuka dan
luwes terhadap siswa
v Melaksanakan penilaian
akhir pelajaran
HTTP://WWW.PKPLENGKAP.COM
BalasHapusSELAIN DI BLOG INI ADA LAPORAN PKP LENGKAP, DOWNLOAD PKP, PKP IPA, PKP MATEMATIKA, PKP BAHASA INDONESIA, PKP TERBARU, CONTOH PKP YANG Bagus untuk rujukan dan tambahan referensi kawan-kawan dalam menyusun LAPORAN PKP UT,..
sangat bermanfaat, untuk refrensi tentang PKP yang lengkap siklakan cek di https://sanjayaopssdn1.blogspot.co.id
BalasHapus