Jumat, 25 Januari 2013

KESEDIAAN SEBAGAI SUPERVISOR 2 DALAM PENYELENGGARAAN PKP


KESEDIAAN SEBAGAI SUPERVISOR 2
DALAM PENYELENGGARAAN PKP


Kepada
Kepala UPBJJ  UT Bogor
Di Tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa :
            Nama                          : DADIH, S.Pd
            NIP                             : 196610281992031008        
            Tempat Mengajar       : SDN Kerikil 03
           

Menyatakan bersedia sebagai supervisor 2 untuk membimbing dalam pelaksanaan PKP atas :
            Nama                          : U D I N G
            NIM                           : 821096492
            Program Studi                        : S1 PGSD
            Tempat Mengajar       : SDN Sasakpanjang 01
Alamat Sekolah           :  Jl. Pemuda  No.17  Desa Sasakpanjang Kecamatan  Tajurhalang

Demikian agar surat pernyataan ini dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Mengetahui,
Bogor,  20 Februari 2012
Kepala Sekolah



ROJALI, S.Pd
NIP. 195806171979121003
Supervisor 2,



DADIH, S.Pd
NIP. 196610281992031008 




Lampiran  2

FORMAT PERENCANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS V SDN KERTAJAYA 06 RUMPIN


Fakta / Data pembelajaran yang terjadi di kelas
setelah melakukan evaluasi diperoleh data 13 siswa (43,33%) mendapat nilai kurang, 8 siswa (26,67%) mendapat nilai sedang dan hanya 9 siswa (30%) yang mendapat nilai baik
Identifikasi Masalah
Hasil pengamatan penulis di dalam kelas sebagian besar siswa tidak memahami dan memiliki kesadaran tentang penghematan air dapat dilihat dari tingkah lakunya dalam ke WC lupa menutup keran, wudhu lupa menutup keran, main siram sesama teman, buang sampah sembarangan dan pengetahuan mengenai air masih sangat rendah
Analisis Masalah
Guru hanya menjelaskan teori, tidak pernah menampilkan fakta-fakta dan kejadian saat ini tentang krisis air.
Guru hanya bercerita harusnya menggunakan media seperti gambar, skema, diagram, video tentang krisis air di dunia.
Guru tidak pernah mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam penanggulangan krisis air.
Alternatif dan Prioritas Pemecahan Masalah
Pemecahannya penulis melakukan 2 (dua) siklus perbaikan Dengan Menggunakan Metode Partisipatif Dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Penghematan Air Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kelas V SDN Kertajaya 06.
Rumusan Masalah
Apakah  penggunaan Metode Partisipatif apat Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Penghematan Air Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kelas V SDN Kertajaya 06?











Lampiran 3
JURNAL PEMBIMBING SUPERVISOR 2 PKP

NIM / Nama Mahasiswa        : 820963071 / MULYANA
Mengajar di Kelas                  : V (Lima)
Sekolah                                  : SDN Kertajaya 06 Rumpin
No
Hari/Tangggal
Kegiatan
Hasil/Komentar*
Tindak Lanjut
Paraf
Mhs
Sup 2

















































































*Kolom kegiatan diisi dengan informasi tentang materi dan kegiatan pembimbingan, misalnya materi pembimbingan : RPP mata Pelajaran Matematika kegiatannya diskusi
                                                              
                                               Mengetahui,                                       Bogor,   Maret 2012
                                               Supervisor 1,                                      Supervisor 2,



                                               Drs. YAYA SUKARYA                    NANANG SUTISNA, S.Pd
NIP. 196008071979121001              NIP. 196305201984101003
No. Tlp/HP : 085218196140             No. Tlp/HP : 08569738

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar