KESEDIAAN
SEBAGAI SUPERVISOR 2
DALAM
PENYELENGGARAAN PKP
Kepada
Kepala UPBJJ UT Bogor
Di Tempat
Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa :
Nama : DADIH, S.Pd
NIP : 196610281992031008
Tempat Mengajar : SDN Kerikil 03
Menyatakan bersedia sebagai supervisor 2 untuk membimbing dalam pelaksanaan
PKP atas :
Nama : U D I N G
NIM : 821096492
Program Studi : S1 PGSD
Tempat Mengajar : SDN Sasakpanjang 01
Alamat Sekolah : Jl. Pemuda
No.17 Desa Sasakpanjang
Kecamatan Tajurhalang
Demikian agar surat pernyataan ini dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Mengetahui,
|
Bogor, 20
Februari 2012
|
Kepala Sekolah
ROJALI, S.Pd
NIP. 195806171979121003
|
Supervisor 2,
DADIH, S.Pd
NIP. 196610281992031008
|
Lampiran 2
FORMAT PERENCANAAN
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN
ALAM
KELAS V SDN
KERTAJAYA 06 RUMPIN
Fakta / Data pembelajaran
yang terjadi di kelas
|
setelah
melakukan evaluasi diperoleh data 13
siswa (43,33%) mendapat nilai kurang, 8 siswa (26,67%) mendapat nilai sedang
dan hanya 9 siswa (30%) yang mendapat nilai baik
|
Identifikasi
Masalah
|
Hasil pengamatan penulis di dalam kelas sebagian besar siswa tidak
memahami dan memiliki kesadaran tentang penghematan air dapat dilihat dari
tingkah lakunya dalam ke WC lupa menutup keran, wudhu lupa menutup keran,
main siram sesama teman, buang sampah sembarangan dan pengetahuan mengenai
air masih sangat rendah
|
Analisis
Masalah
|
Guru hanya menjelaskan teori, tidak pernah menampilkan fakta-fakta dan
kejadian saat ini tentang krisis air.
Guru hanya bercerita harusnya menggunakan media seperti gambar, skema,
diagram, video tentang krisis air di dunia.
Guru tidak pernah mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam
penanggulangan krisis air.
|
Alternatif
dan Prioritas Pemecahan Masalah
|
Pemecahannya penulis melakukan 2 (dua) siklus perbaikan
Dengan Menggunakan Metode Partisipatif Dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam
Penghematan Air Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kelas V SDN
Kertajaya 06.
|
Rumusan
Masalah
|
Apakah penggunaan Metode
Partisipatif apat Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Penghematan Air Pada
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kelas V SDN Kertajaya 06?
|
Lampiran 3
JURNAL PEMBIMBING
SUPERVISOR 2 PKP
NIM / Nama Mahasiswa : 820963071 / MULYANA
Mengajar di Kelas :
V (Lima)
Sekolah : SDN
Kertajaya 06 Rumpin
No
|
Hari/Tangggal
|
Kegiatan
|
Hasil/Komentar*
|
Tindak Lanjut
|
Paraf
|
|
Mhs
|
Sup 2
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*Kolom kegiatan
diisi dengan informasi tentang materi dan kegiatan pembimbingan, misalnya
materi pembimbingan : RPP mata Pelajaran Matematika kegiatannya diskusi
Mengetahui,
Bogor, Maret 2012
Supervisor
1, Supervisor
2,
Drs. YAYA SUKARYA NANANG
SUTISNA, S.Pd
NIP.
196008071979121001 NIP.
196305201984101003
No. Tlp/HP : 085218196140 No.
Tlp/HP : 08569738
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus