Kamis, 24 Januari 2013

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN PKP


BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN



A.    DESKRIPSI HASIL PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Hasil penelitian penulis uraikan sebagai berikut :
1.    Pra Siklus
a.    Perencanaan
Penulis melakukan langkah-langkah sebagai  sebagai berikut :
-          Menyusun Rencana pembelajaran sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
-          Menentukan Indikator Pembelajaran
-          Mempersiapkan langkah-langkah pembelajaran
-          Mempersiapkan materi pembelajaran
-          Mempersiapkan alat dan media pembelajaran
-          Mempersiapkan instrumen Penilaian

b.   Tindakan
Dalam pelaksanaan pembelajaran penulis melakukan langkah-langkah tindakan sebagai berikut :
-          Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan cuaca.
-          Guru menjelaskan materi Keadaan Langit dan Keadaan Cuaca
-          Guru menjelaskan proses terjadinya hujan dengan gambar
-          Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia
-          Guru memberikan lembar soal evaluasi

c.    Analisis Data
Data hasil evaluasi Pra Siklus sebagai berikut :
46
 
Tabel 2
DAFTER NILAI PRA SIKLUS

No
Nama
NILAI
Analisis Nilai
Keterangan


1
ABDUL PATAH
50,00
Kurang
Kurang

2
ABIM MULIA L W
50,00
Kurang
Kurang

3
ADE APRILIA
70,00
Sedang
Cukup

4
ADE WAHYUDIN
70,00
Sedang
Cukup

5
AGUNG ARYA PUTRA
80,00
Baik
Baik

6
AHMAD FAUZI
80,00
Baik
Baik

7
AHMAD FIQRI
100,00
Baik
FALSE

8
AJIS SAPUTRA
50,00
Kurang
Kurang

9
ALFIANSYAH
50,00
Kurang
Kurang

10
ALFI FERDIANSYAH
80,00
Baik
Baik

11
ALVIANI SUPARMAN
70,00
Sedang
Cukup

12
ANDREANSYAH
80,00
Baik
Baik

13
ANISA PUTRI
50,00
Kurang
Kurang

14
ANIS YULIATRI
50,00
Kurang
Kurang

15
ANNISA
70,00
Sedang
Cukup

16
APRIYANI
50,00
Kurang
Kurang

17
ARIKA RATNATIKA
90,00
Baik
Sangat Baik

18
ARIL ARYA PRATAMA
50,00
Kurang
Kurang

19
ARIS MUNANDAR
70,00
Sedang
Cukup

20
ASTRI DWI UTARI
50,00
Kurang
Kurang

21
ATIA ANGGRAINI
50,00
Kurang
Kurang

22
AVIRA SABLIANTY
50,00
Kurang
Kurang

23
AZIS MAULANA I
80,00
Baik
Baik

24
AZZAHRA CYNDIATAMA
50,00
Kurang
Kurang

25
BAYU ARIANTO
50,00
Kurang
Kurang

26
BELLA YOLANDA
80,00
Baik
Baik

27
DAFFA AKBAR P.
50,00
Kurang
Kurang

28
DEA AMARTA D.
50,00
Kurang
Kurang

29
DEA AMELIA
80,00
Baik


30
DELA PUSPITA SILEGAR
50,00
Kurang


Jumlah
1900,00



Rata-Rata
63,33



Terbesar (Max)
100,00



Tekecil
50,00








Hasil evaluasi diklasifikasikan seperti pada table dibawah ini :
Tabel 4
Persentasi Nilai Siswa
No
Nilai
Frekwensi
Persentase (%)
Kurang
Sedang
Baik






1
0
0



2
10
0



3
20
0



4
30
0



5
40
0



6
50
16
53,33


7
60
0
0


8
70
5

16,67

9
80
7


23,33
10
90
1


3,33
11
100
1


3,33
Jumlah
30
53,33
16,67
30,00

Bila disajikan dalam bentuk grafik dapat di lihat seperti dibawah ini :

Secara ringkas tampak pada table berikut :

Tabel 5
Persentase Nilai Siswa Pra Siklus
 Kriteria
Jumlah Siswa
Persentase
Kurang
16
53,33%
Sedang
5
16,67%
Baik
9
30,00%
Jumlah
30
100,00%






Dalam bentuk grafik seperti di bawah ini :

     Gambar 1
         Grafik Nilai Siswa Pra Siklus











\





d.   Refleksi
Berdasarkan dari tabel dan grafik analisis nilai hasil evaluasi Pra Siklus  diperoleh data 16 siswa (53,33%) mendapat nilai kurang, 5 siswa (16,67%) mendapat nilai sedang dan hanya 9 siswa (30%) yang mendapat nilai baik. Dari data tersebut dapat diartikan bahwa tujuan pembelajaran belum tercapai sepenuhnya untuk itu perlu diadakan perbaikan pembelajaran. Perbaikan pembelajaran yang penulis lakukan untuk menindak lanjuti adalah 2 (dua) Siklus perbaikan yang terdiri dari Siklus 1 dan Siklus 2 yang akan di uraikan selanjutnya.


2.    Siklus I
a.      Perencanaan
Langkah-langkah perencanaan perbaikan pembelajaran siklus 1 sebagai  sebagai berikut :
-          Menyusun Rencana pembelajaran sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
-          Menentukan Indikator Pembelajaran
-          Mempersiapkan langkah-langkah perbaikan pembelajaran
-          Mempersiapkan materi pembelajaran
-          Mempersiapkan alat dan media pembelajaran
-          Mempersiapkan instrumen Penilaian

b.      Tindakan
-          Guru memberikan penjelasan Bahwa “Harga diri manusiaber peran penting dalam membina hubungan dengan masyarakat dalam kehidupan seharihari. Tingkat harga diri setiap orang dapat ditentukan oleh diri sendiri dan lingkungannya.
-          Siswa di bimbing oleh guru mensimulasikan prilaku ketika berbicara dengan orang lain, kamu harus mendengarkan dengan baik dan tidak boleh memotong pembicaraannya sebelum dia selesai berbicara. Sikap sopan harus ibiasakan sejak dini.
-          Siswa mengerjakan tugas secara seksama

c.       Analisis Data
Hasil analisa Siklus 1 dapat dilihat pada table dan grafik yang penulis sajikan sebagai berikut :






Tabel 6
DAFTAR NILAI SIKLUS I

No
Nama
NILAI
Analisis Nilai
Keterangan


1
ABDUL PATAH
70,00
Sedang
Cukup

2
ABIM MULIA L W
70,00
Sedang
Cukup

3
ADE APRILIA
80,00
Baik
Baik

4
ADE WAHYUDIN
80,00
Baik
Baik

5
AGUNG ARYA PUTRA
90,00
Baik
Sangat Baik

6
AHMAD FAUZI
90,00
Baik
Sangat Baik

7
AHMAD FIQRI
100,00
Baik
FALSE

8
AJIS SAPUTRA
70,00
Sedang
Cukup

9
ALFIANSYAH
70,00
Sedang
Cukup

10
ALFI FERDIANSYAH
90,00
Baik
Sangat Baik

11
ALVIANI SUPARMAN
80,00
Baik
Baik

12
ANDREANSYAH
90,00
Baik
Sangat Baik

13
ANISA PUTRI
70,00
Sedang
Cukup

14
ANIS YULIATRI
70,00
Sedang
Cukup

15
ANNISA
80,00
Baik
Baik

16
APRIYANI
70,00
Sedang
Cukup

17
ARIKA RATNATIKA
100,00
Baik
FALSE

18
ARIL ARYA PRATAMA
70,00
Sedang
Cukup

19
ARIS MUNANDAR
80,00
Baik
Baik

20
ASTRI DWI UTARI
70,00
Sedang
Cukup

21
ATIA ANGGRAINI
70,00
Sedang
Cukup

22
AVIRA SABLIANTY
70,00
Sedang
Cukup

23
AZIS MAULANA I
90,00
Baik
Sangat Baik

24
AZZAHRA CYNDIATAMA
70,00
Sedang
Cukup

25
BAYU ARIANTO
70,00
Sedang
Cukup

26
BELLA YOLANDA
90,00
Baik
Sangat Baik

27
DAFFA AKBAR P.
70,00
Sedang
Cukup

28
DEA AMARTA D.
70,00
Sedang
Cukup

29
DEA AMELIA
90,00
Baik


30
DELA PUSPITA SILEGAR
70,00
Sedang


Jumlah
2350,00



Rata-Rata
78,33



Terbesar (Max)
100,00



Tekecil
70,00








Secara ringkas disajikan dalam table dibawah ini :
Tabel 7
 Persentase Nilai Siklus 1
No
Nilai
Frekwensi
Persentase (%)
Kurang
Sedang
Baik
1
0




2
10




3
20




4
30




5
40




6
50




7
60




8
70
16

53,33

9
80
5


16,67
10
90
7


23,33
11
100
2


6,67


30
0,00
53,33
46,67

Agar lebih jelas dapat dilihat dalam bentuk grafik seperti dibawah ini :

Tabel 8
Persentase Nilai Siklus 1

Kriteria
Siswa
Persentase
Kurang
0
0,00%
Sedang
16
53,33%
Baik
14
46,67%
Jumlah
30
100,00%







                                                     Gambar 4
Grafik Analisis Nialai Siklus 1












d.      Refleksi
Berdasarkan dari  grafik analisis nilai hasil evaluasi Siklus 1  diperoleh data 0 siswa (0%) mendapat nilai kurang, 16 siswa (53,33%) mendapat nilai sedang dan  14 siswa (46,67%) yang mendapat nilai baik. Dari data tersebut dapat diartikan sudah terjadi peningkatan nilai dari Pra Siklus ke Siklus 1.

3.    Siklus 2
a.    Perencanaan
Langkah-langkah perencanaan perbaikan pembelajaran siklus 2 sebagai  sebagai berikut :
-       Menyusun Rencana pembelajaran sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Menentukan Indikator Pembelajaran
-       Mempersiapkan langkah-langkah pembelajaran
-       Mempersiapkan materi pembelajaran
-       Mempersiapkan alat dan media pembelajaran
-       Mempersiapkan instrumen Penilaian


b.   Tindakan
-       Guru Menampilkan alat peraga Audio Visual
-       Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan cuaca.
-       Guru menjelaskan materi Keadaan Langit dan Keadaan Cuaca
-       Guru menjelaskan proses terjadinya hujan dengan gambar
-       Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia
-       Guru memberikan lembar soal evaluasi

c.    Analisis Data
Analisis data pada siklus 2 sebagai berikut :



















Tabel 9
DAFTER NILAI SIKLUS II

No
Nama
NILAI
Analisis Nilai
Keterangan


1
ABDUL PATAH
90,00
Baik
Sangat Baik

2
ABIM MULIA L W
80,00
Baik
Baik

3
ADE APRILIA
90,00
Baik
Sangat Baik

4
ADE WAHYUDIN
90,00
Baik
Sangat Baik

5
AGUNG ARYA PUTRA
100,00
Baik
FALSE

6
AHMAD FAUZI
100,00
Baik
FALSE

7
AHMAD FIQRI
100,00
Baik
FALSE

8
AJIS SAPUTRA
80,00
Baik
Baik

9
ALFIANSYAH
80,00
Baik
Baik

10
ALFI FERDIANSYAH
100,00
Baik
FALSE

11
ALVIANI SUPARMAN
90,00
Baik
Sangat Baik

12
ANDREANSYAH
100,00
Baik
FALSE

13
ANISA PUTRI
80,00
Baik
Baik

14
ANIS YULIATRI
80,00
Baik
Baik

15
ANNISA
90,00
Baik
Sangat Baik

16
APRIYANI
80,00
Baik
Baik

17
ARIKA RATNATIKA
100,00
Baik
FALSE

18
ARIL ARYA PRATAMA
70,00
Sedang
Cukup

19
ARIS MUNANDAR
90,00
Baik
Sangat Baik

20
ASTRI DWI UTARI
80,00
Baik
Baik

21
ATIA ANGGRAINI
70,00
Sedang
Cukup

22
AVIRA SABLIANTY
80,00
Baik
Baik

23
AZIS MAULANA I
100,00
Baik
FALSE

24
AZZAHRA CYNDIATAMA
80,00
Baik
Baik

25
BAYU ARIANTO
70,00
Sedang
Cukup

26
BELLA YOLANDA
100,00
Baik
FALSE

27
DAFFA AKBAR P.
70,00
Sedang
Cukup

28
DEA AMARTA D.
80,00
Baik
Baik

29
DEA AMELIA
100,00
Baik


30
DELA PUSPITA SILEGAR
80,00
Baik


Jumlah
2600,00



Rata-Rata
86,67



Terbesar (Max)
100,00



Tekecil
70,00




      


Secara terperinci dan lebih ringkas penulis sajikan pada table dibawah ini :

Tabel 10
Persentase Nilia Siklus 2
No
Nilai
Frekwensi
Persentase (%)
Kurang
Sedang
Baik
1
0




2
10




3
20




4
30




5
40




6
50




7
60




8
70
4

13,33

9
80
11


36,67
10
90
6


20,00
11
100
9


30,00
Jumlah
30
0,00
13,33
86,67

Secara lebih terperinci sebagai berikut :

       Tabel 11
     Persentase Analisis Nilai Siklus 2

 Kriteria
Siswa
Persentase
Kurang
0
0,00%
Sedang
4
13,33%
Baik
26
86,67%
Jumlah
30
100,00%







     Gambar 6
Grafik Analisis Nilai Siklus 2











d.   Refleksi
Berdasarkan dari tabel dan grafik analisis nilai hasil evaluasi Siklus 2  diperoleh data tidak ada siswa mendapat nilai kurang, 4 siswa (13,33%) mendapat nilai sedang dan 26 siswa (86,67%) yang mendapat nilai baik. Dari data tersebut dapat diartikan sudah terjadi peningkatan yang signifikan nilai dari Pra Siklus sampai siklus 2. Namun masi ada 4 siswa yang nilainya sedang.


B.     PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dalam bentuk tabel dan grafik dibawah ini :










Tabel 12
Daftar Nilai Pra Siklus, Siklus 1 dan Siklus 2

NO
NAMA
NILAI
PRA SIKLUS
SIKLUS I
SIKLUS 2
1
ABDUL PATAH
50,00
70,00
90,00
2
ABIM MULIA L W
50,00
70,00
80,00
3
ADE APRILIA
70,00
80,00
90,00
4
ADE WAHYUDIN
70,00
80,00
90,00
5
AGUNG ARYA PUTRA
80,00
90,00
100,00
6
AHMAD FAUZI
80,00
90,00
100,00
7
AHMAD FIQRI
100,00
100,00
100,00
8
AJIS SAPUTRA
50,00
70,00
80,00
9
ALFIANSYAH
50,00
70,00
80,00
10
ALFI FERDIANSYAH
80,00
90,00
100,00
11
ALVIANI SUPARMAN
70,00
80,00
90,00
12
ANDREANSYAH
80,00
90,00
100,00
13
ANISA PUTRI
50,00
70,00
80,00
14
ANIS YULIATRI
50,00
70,00
80,00
15
ANNISA
70,00
80,00
90,00
16
APRIYANI
50,00
70,00
80,00
17
ARIKA RATNATIKA
90,00
100,00
100,00
18
ARIL ARYA PRATAMA
50,00
70,00
70,00
19
ARIS MUNANDAR
70,00
80,00
90,00
20
ASTRI DWI UTARI
50,00
70,00
80,00
21
ATIA ANGGRAINI
50,00
70,00
70,00
22
AVIRA SABLIANTY
50,00
70,00
80,00
23
AZIS MAULANA I
80,00
90,00
100,00
24
AZZAHRA CYNDIATAMA
50,00
70,00
80,00
25
BAYU ARIANTO
50,00
70,00
70,00
26
BELLA YOLANDA
80,00
90,00
100,00
27
DAFFA AKBAR P.
50,00
70,00
70,00
28
DEA AMARTA D.
50,00
70,00
80,00
29
DEA AMELIA
80,00
90,00
100,00
30
DELA PUSPITA SILEGAR
50,00
70,00
80,00
JUMLAH
2060,00
1900,00
2600,00
RATA-RATA
68,67
63,33
86,67
TERBESAR
100,00
100,00
100,00
TERKECIL
60,00
50,00
70,00





Tabel 12
Analisis Nilai
Pra Siklus, Siklus 1 dan Siklus 2

NO
NILAI
Persentase
PRA SIKLUS
SIKLUS I
SIKLUS 2
1
KURANG
53,33%
0,00%
0,00%
2
SEDANG
16,67%
53,33%
13,33%
3
BAIK
30,00%
46,67%
86,67%
JUMLAH
100,00%
100,00%
100,00%

Gambar 7
Grafik Analisis Nilai
Pra Siklus, Siklus 1 dan Siklus 2

Persentase

Siklus Perbaikan






















Berdasarkan dari tabel dan grafik analisis nilai hasil evaluasi Pra Siklus  diperoleh data 16 siswa (53,33%) mendapat nilai kurang, 5 siswa (16,67%) mendapat nilai sedang dan hanya 9 siswa (30%) yang mendapat nilai baik. Dari data tersebut dapat diartikan bahwa tujuan pembelajaran belum tercapai sepenuhnya untuk itu perlu diadakan perbaikan pembelajaran. Perbaikan pembelajaran yang penulis lakukan untuk menindak lanjuti adalah 2 (dua) Siklus perbaikan.
Berdasarkan dari  grafik analisis nilai hasil evaluasi Siklus 1  diperoleh data 0 siswa (0%) mendapat nilai kurang, 16 siswa (53,33%) mendapat nilai sedang dan  14 siswa (46,67%) yang mendapat nilai baik. Dari data tersebut dapat diartikan sudah terjadi peningkatan nilai dari Pra Siklus ke Siklus 1.
Berdasarkan dari tabel dan grafik analisis nilai hasil evaluasi Siklus 2  diperoleh data tidak ada siswa mendapat nilai kurang, 4 siswa (13,33%) mendapat nilai sedang dan 26 siswa (86,67%) yang mendapat nilai baik. Dari data tersebut dapat diartikan sudah terjadi peningkatan yang signifikan nilai dari Pra Siklus sampai siklus 2. Namun masi ada 4 siswa yang nilainya sedang
Nilai rata-rata kelas pada Pra Siklus 68,67 kemudian meningkat pada siklus 1 yakni 78,33 dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 86,67 dapat dikatakan tindakan perbaikan pembelajaran yang penulis lakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi hubungan antara keadaan awan dan cuaca melalui metode pengamatan pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN Sasakpanjang 01 Kec. Tajurhalang Kab. Bogor 










2 komentar:

  1. ni baru bisa diambil,makasih bro

    BalasHapus
  2. terimakasih.. sangat membantu saya dalam menyusun pkp sekarang ini.

    BalasHapus