BAB IV
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
DESKRIPSI
HASIL PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Hasil penelitian penulis uraikan sebagai berikut :
1.
Pra
Siklus
a.
Perencanaan
Penulis melakukan langkah-langkah sebagai sebagai berikut :
-
Menyusun Rencana pembelajaran sesuai dengan Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
-
Menentukan Indikator Pembelajaran
-
Mempersiapkan langkah-langkah pembelajaran
-
Mempersiapkan materi pembelajaran
-
Mempersiapkan alat dan media pembelajaran
-
Mempersiapkan instrumen Penilaian
b.
Tindakan
Dalam pelaksanaan pembelajaran penulis melakukan
langkah-langkah tindakan sebagai berikut :
-
Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan peristiwa dalam
kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan cuaca.
-
Guru menjelaskan materi Keadaan Langit dan Keadaan Cuaca
-
Guru menjelaskan proses terjadinya hujan dengan gambar
-
Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pengaruh cuaca
terhadap kegiatan manusia
-
Guru memberikan lembar soal evaluasi
c.
Analisis
Data
Data
hasil evaluasi Pra Siklus sebagai berikut :
46
|
Tabel
2
DAFTER NILAI PRA
SIKLUS
No
|
Nama
|
NILAI
|
Analisis Nilai
|
Keterangan
|
|
1
|
ABDUL PATAH
|
50,00
|
Kurang
|
Kurang
|
|
2
|
ABIM MULIA L W
|
50,00
|
Kurang
|
Kurang
|
|
3
|
ADE APRILIA
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
4
|
ADE WAHYUDIN
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
5
|
AGUNG ARYA PUTRA
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
6
|
AHMAD FAUZI
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
7
|
AHMAD FIQRI
|
100,00
|
Baik
|
FALSE
|
|
8
|
AJIS SAPUTRA
|
50,00
|
Kurang
|
Kurang
|
|
9
|
ALFIANSYAH
|
50,00
|
Kurang
|
Kurang
|
|
10
|
ALFI FERDIANSYAH
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
11
|
ALVIANI SUPARMAN
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
12
|
ANDREANSYAH
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
13
|
ANISA PUTRI
|
50,00
|
Kurang
|
Kurang
|
|
14
|
ANIS YULIATRI
|
50,00
|
Kurang
|
Kurang
|
|
15
|
ANNISA
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
16
|
APRIYANI
|
50,00
|
Kurang
|
Kurang
|
|
17
|
ARIKA RATNATIKA
|
90,00
|
Baik
|
Sangat Baik
|
|
18
|
ARIL ARYA PRATAMA
|
50,00
|
Kurang
|
Kurang
|
|
19
|
ARIS MUNANDAR
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
20
|
ASTRI DWI UTARI
|
50,00
|
Kurang
|
Kurang
|
|
21
|
ATIA ANGGRAINI
|
50,00
|
Kurang
|
Kurang
|
|
22
|
AVIRA SABLIANTY
|
50,00
|
Kurang
|
Kurang
|
|
23
|
AZIS MAULANA I
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
24
|
AZZAHRA CYNDIATAMA
|
50,00
|
Kurang
|
Kurang
|
|
25
|
BAYU ARIANTO
|
50,00
|
Kurang
|
Kurang
|
|
26
|
BELLA YOLANDA
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
27
|
DAFFA AKBAR P.
|
50,00
|
Kurang
|
Kurang
|
|
28
|
DEA AMARTA D.
|
50,00
|
Kurang
|
Kurang
|
|
29
|
DEA AMELIA
|
80,00
|
Baik
|
|
|
30
|
DELA PUSPITA SILEGAR
|
50,00
|
Kurang
|
|
|
Jumlah
|
1900,00
|
|
|
||
Rata-Rata
|
63,33
|
|
|
||
Terbesar
(Max)
|
100,00
|
|
|
||
Tekecil
|
50,00
|
|
|
Hasil
evaluasi diklasifikasikan seperti pada table dibawah ini :
Tabel 4
Persentasi Nilai Siswa
No
|
Nilai
|
Frekwensi
|
Persentase (%)
|
||
Kurang
|
Sedang
|
Baik
|
|||
|
|
|
|
|
|
1
|
0
|
0
|
|||
2
|
10
|
0
|
|||
3
|
20
|
0
|
|||
4
|
30
|
0
|
|||
5
|
40
|
0
|
|
||
6
|
50
|
16
|
53,33
|
||
7
|
60
|
0
|
0
|
||
8
|
70
|
5
|
16,67
|
||
9
|
80
|
7
|
23,33
|
||
10
|
90
|
1
|
3,33
|
||
11
|
100
|
1
|
3,33
|
||
Jumlah
|
30
|
53,33
|
16,67
|
30,00
|
Bila
disajikan dalam bentuk grafik dapat di lihat seperti dibawah ini :
Secara
ringkas tampak pada table berikut :
Tabel 5
Persentase Nilai Siswa
Pra Siklus
Kriteria
|
Jumlah
Siswa
|
Persentase
|
Kurang
|
16
|
53,33%
|
Sedang
|
5
|
16,67%
|
Baik
|
9
|
30,00%
|
Jumlah
|
30
|
100,00%
|
Dalam
bentuk grafik seperti di bawah ini :
Gambar 1
Grafik
Nilai Siswa Pra Siklus
\
d. Refleksi
Berdasarkan
dari tabel dan grafik analisis nilai hasil evaluasi Pra Siklus diperoleh data 16 siswa (53,33%) mendapat nilai kurang,
5
siswa (16,67%)
mendapat nilai sedang dan hanya 9
siswa (30%)
yang mendapat nilai baik. Dari data tersebut dapat diartikan bahwa tujuan
pembelajaran belum tercapai sepenuhnya untuk itu perlu diadakan perbaikan
pembelajaran. Perbaikan pembelajaran yang penulis lakukan untuk menindak
lanjuti adalah 2 (dua) Siklus perbaikan yang terdiri dari Siklus 1 dan Siklus 2
yang akan di uraikan selanjutnya.
2.
Siklus
I
a.
Perencanaan
Langkah-langkah perencanaan perbaikan
pembelajaran siklus 1 sebagai sebagai
berikut :
-
Menyusun Rencana pembelajaran sesuai dengan Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
-
Menentukan Indikator Pembelajaran
-
Mempersiapkan langkah-langkah perbaikan pembelajaran
-
Mempersiapkan materi pembelajaran
-
Mempersiapkan alat dan media pembelajaran
-
Mempersiapkan instrumen Penilaian
b.
Tindakan
-
Guru memberikan penjelasan Bahwa “Harga diri manusiaber
peran penting dalam membina hubungan dengan masyarakat dalam kehidupan
seharihari. Tingkat harga diri setiap orang dapat ditentukan oleh diri sendiri
dan lingkungannya.
-
Siswa di bimbing oleh guru mensimulasikan prilaku ketika
berbicara dengan orang lain, kamu harus mendengarkan dengan baik dan tidak
boleh memotong pembicaraannya sebelum dia selesai berbicara. Sikap sopan harus
ibiasakan sejak dini.
-
Siswa mengerjakan tugas secara seksama
c.
Analisis
Data
Hasil
analisa Siklus 1 dapat dilihat pada table dan grafik yang penulis sajikan
sebagai berikut :
Tabel
6
DAFTAR NILAI SIKLUS I
No
|
Nama
|
NILAI
|
Analisis Nilai
|
Keterangan
|
|
1
|
ABDUL PATAH
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
2
|
ABIM MULIA L W
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
3
|
ADE APRILIA
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
4
|
ADE WAHYUDIN
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
5
|
AGUNG ARYA PUTRA
|
90,00
|
Baik
|
Sangat Baik
|
|
6
|
AHMAD FAUZI
|
90,00
|
Baik
|
Sangat Baik
|
|
7
|
AHMAD FIQRI
|
100,00
|
Baik
|
FALSE
|
|
8
|
AJIS SAPUTRA
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
9
|
ALFIANSYAH
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
10
|
ALFI FERDIANSYAH
|
90,00
|
Baik
|
Sangat Baik
|
|
11
|
ALVIANI SUPARMAN
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
12
|
ANDREANSYAH
|
90,00
|
Baik
|
Sangat Baik
|
|
13
|
ANISA PUTRI
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
14
|
ANIS YULIATRI
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
15
|
ANNISA
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
16
|
APRIYANI
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
17
|
ARIKA RATNATIKA
|
100,00
|
Baik
|
FALSE
|
|
18
|
ARIL ARYA PRATAMA
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
19
|
ARIS MUNANDAR
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
20
|
ASTRI DWI UTARI
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
21
|
ATIA ANGGRAINI
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
22
|
AVIRA SABLIANTY
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
23
|
AZIS MAULANA I
|
90,00
|
Baik
|
Sangat Baik
|
|
24
|
AZZAHRA CYNDIATAMA
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
25
|
BAYU ARIANTO
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
26
|
BELLA YOLANDA
|
90,00
|
Baik
|
Sangat Baik
|
|
27
|
DAFFA AKBAR P.
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
28
|
DEA AMARTA D.
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
29
|
DEA AMELIA
|
90,00
|
Baik
|
|
|
30
|
DELA PUSPITA SILEGAR
|
70,00
|
Sedang
|
|
|
Jumlah
|
2350,00
|
|
|
||
Rata-Rata
|
78,33
|
|
|
||
Terbesar (Max)
|
100,00
|
|
|
||
Tekecil
|
70,00
|
|
|
Secara
ringkas disajikan dalam table dibawah ini :
Tabel 7
Persentase Nilai Siklus 1
No
|
Nilai
|
Frekwensi
|
Persentase (%)
|
||
Kurang
|
Sedang
|
Baik
|
|||
1
|
0
|
|
|
|
|
2
|
10
|
|
|
|
|
3
|
20
|
|
|
|
|
4
|
30
|
|
|
|
|
5
|
40
|
|
|
|
|
6
|
50
|
|
|
|
|
7
|
60
|
|
|
|
|
8
|
70
|
16
|
53,33
|
||
9
|
80
|
5
|
16,67
|
||
10
|
90
|
7
|
23,33
|
||
11
|
100
|
2
|
6,67
|
||
30
|
0,00
|
53,33
|
46,67
|
Agar
lebih jelas dapat dilihat dalam bentuk grafik seperti dibawah ini :
Tabel
8
Persentase
Nilai Siklus 1
Kriteria
|
Siswa
|
Persentase
|
Kurang
|
0
|
0,00%
|
Sedang
|
16
|
53,33%
|
Baik
|
14
|
46,67%
|
Jumlah
|
30
|
100,00%
|
Gambar 4
Grafik Analisis Nialai
Siklus 1
d. Refleksi
Berdasarkan
dari grafik analisis nilai hasil evaluasi
Siklus 1 diperoleh data 0 siswa (0%) mendapat nilai
kurang, 16
siswa (53,33%)
mendapat nilai sedang dan 14 siswa (46,67%) yang mendapat nilai
baik. Dari data tersebut dapat diartikan sudah terjadi peningkatan nilai dari
Pra Siklus ke Siklus 1.
3.
Siklus
2
a.
Perencanaan
Langkah-langkah perencanaan perbaikan
pembelajaran siklus 2 sebagai sebagai
berikut :
-
Menyusun Rencana pembelajaran sesuai dengan Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar Menentukan Indikator Pembelajaran
-
Mempersiapkan langkah-langkah pembelajaran
-
Mempersiapkan materi pembelajaran
-
Mempersiapkan alat dan media pembelajaran
-
Mempersiapkan instrumen Penilaian
b.
Tindakan
-
Guru Menampilkan alat peraga Audio Visual
-
Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan peristiwa dalam
kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan cuaca.
-
Guru menjelaskan materi Keadaan Langit dan Keadaan Cuaca
-
Guru menjelaskan proses terjadinya hujan dengan gambar
-
Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pengaruh cuaca
terhadap kegiatan manusia
-
Guru memberikan lembar soal evaluasi
c.
Analisis
Data
Analisis
data pada siklus 2 sebagai berikut :
Tabel
9
DAFTER NILAI SIKLUS II
No
|
Nama
|
NILAI
|
Analisis Nilai
|
Keterangan
|
|
1
|
ABDUL PATAH
|
90,00
|
Baik
|
Sangat Baik
|
|
2
|
ABIM MULIA L W
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
3
|
ADE APRILIA
|
90,00
|
Baik
|
Sangat Baik
|
|
4
|
ADE WAHYUDIN
|
90,00
|
Baik
|
Sangat Baik
|
|
5
|
AGUNG ARYA PUTRA
|
100,00
|
Baik
|
FALSE
|
|
6
|
AHMAD FAUZI
|
100,00
|
Baik
|
FALSE
|
|
7
|
AHMAD FIQRI
|
100,00
|
Baik
|
FALSE
|
|
8
|
AJIS SAPUTRA
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
9
|
ALFIANSYAH
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
10
|
ALFI FERDIANSYAH
|
100,00
|
Baik
|
FALSE
|
|
11
|
ALVIANI SUPARMAN
|
90,00
|
Baik
|
Sangat Baik
|
|
12
|
ANDREANSYAH
|
100,00
|
Baik
|
FALSE
|
|
13
|
ANISA PUTRI
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
14
|
ANIS YULIATRI
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
15
|
ANNISA
|
90,00
|
Baik
|
Sangat Baik
|
|
16
|
APRIYANI
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
17
|
ARIKA RATNATIKA
|
100,00
|
Baik
|
FALSE
|
|
18
|
ARIL ARYA PRATAMA
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
19
|
ARIS MUNANDAR
|
90,00
|
Baik
|
Sangat Baik
|
|
20
|
ASTRI DWI UTARI
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
21
|
ATIA ANGGRAINI
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
22
|
AVIRA SABLIANTY
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
23
|
AZIS MAULANA I
|
100,00
|
Baik
|
FALSE
|
|
24
|
AZZAHRA CYNDIATAMA
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
25
|
BAYU ARIANTO
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
26
|
BELLA YOLANDA
|
100,00
|
Baik
|
FALSE
|
|
27
|
DAFFA AKBAR P.
|
70,00
|
Sedang
|
Cukup
|
|
28
|
DEA AMARTA D.
|
80,00
|
Baik
|
Baik
|
|
29
|
DEA AMELIA
|
100,00
|
Baik
|
|
|
30
|
DELA PUSPITA SILEGAR
|
80,00
|
Baik
|
|
|
Jumlah
|
2600,00
|
|
|
||
Rata-Rata
|
86,67
|
|
|
||
Terbesar (Max)
|
100,00
|
|
|
||
Tekecil
|
70,00
|
|
|
Secara
terperinci dan lebih ringkas penulis sajikan pada table dibawah ini :
Tabel
10
Persentase Nilia
Siklus 2
No
|
Nilai
|
Frekwensi
|
Persentase (%)
|
||
Kurang
|
Sedang
|
Baik
|
|||
1
|
0
|
|
|
|
|
2
|
10
|
|
|
|
|
3
|
20
|
|
|
|
|
4
|
30
|
|
|
|
|
5
|
40
|
|
|
|
|
6
|
50
|
|
|
|
|
7
|
60
|
|
|
|
|
8
|
70
|
4
|
13,33
|
||
9
|
80
|
11
|
36,67
|
||
10
|
90
|
6
|
20,00
|
||
11
|
100
|
9
|
30,00
|
||
Jumlah
|
30
|
0,00
|
13,33
|
86,67
|
Secara
lebih terperinci sebagai berikut :
Tabel 11
Persentase
Analisis Nilai Siklus 2
Kriteria
|
Siswa
|
Persentase
|
Kurang
|
0
|
0,00%
|
Sedang
|
4
|
13,33%
|
Baik
|
26
|
86,67%
|
Jumlah
|
30
|
100,00%
|
Gambar 6
Grafik Analisis Nilai Siklus 2
d. Refleksi
Berdasarkan
dari tabel dan grafik analisis nilai hasil evaluasi Siklus 2 diperoleh data tidak ada
siswa mendapat
nilai kurang, 4
siswa (13,33%)
mendapat nilai sedang dan 26
siswa (86,67%)
yang mendapat nilai baik. Dari data tersebut dapat diartikan sudah terjadi
peningkatan yang signifikan nilai dari Pra Siklus sampai siklus 2. Namun masi
ada 4
siswa yang nilainya sedang.
B.
PEMBAHASAN
HASIL PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Peningkatan
hasil belajar siswa dapat dilihat dalam bentuk tabel dan grafik dibawah ini :
Tabel
12
Daftar
Nilai Pra Siklus, Siklus 1 dan Siklus 2
NO
|
NAMA
|
NILAI
|
||
PRA SIKLUS
|
SIKLUS I
|
SIKLUS 2
|
||
1
|
ABDUL
PATAH
|
50,00
|
70,00
|
90,00
|
2
|
ABIM
MULIA L W
|
50,00
|
70,00
|
80,00
|
3
|
ADE
APRILIA
|
70,00
|
80,00
|
90,00
|
4
|
ADE
WAHYUDIN
|
70,00
|
80,00
|
90,00
|
5
|
AGUNG
ARYA PUTRA
|
80,00
|
90,00
|
100,00
|
6
|
AHMAD
FAUZI
|
80,00
|
90,00
|
100,00
|
7
|
AHMAD
FIQRI
|
100,00
|
100,00
|
100,00
|
8
|
AJIS
SAPUTRA
|
50,00
|
70,00
|
80,00
|
9
|
ALFIANSYAH
|
50,00
|
70,00
|
80,00
|
10
|
ALFI
FERDIANSYAH
|
80,00
|
90,00
|
100,00
|
11
|
ALVIANI
SUPARMAN
|
70,00
|
80,00
|
90,00
|
12
|
ANDREANSYAH
|
80,00
|
90,00
|
100,00
|
13
|
ANISA
PUTRI
|
50,00
|
70,00
|
80,00
|
14
|
ANIS
YULIATRI
|
50,00
|
70,00
|
80,00
|
15
|
ANNISA
|
70,00
|
80,00
|
90,00
|
16
|
APRIYANI
|
50,00
|
70,00
|
80,00
|
17
|
ARIKA
RATNATIKA
|
90,00
|
100,00
|
100,00
|
18
|
ARIL
ARYA PRATAMA
|
50,00
|
70,00
|
70,00
|
19
|
ARIS
MUNANDAR
|
70,00
|
80,00
|
90,00
|
20
|
ASTRI
DWI UTARI
|
50,00
|
70,00
|
80,00
|
21
|
ATIA
ANGGRAINI
|
50,00
|
70,00
|
70,00
|
22
|
AVIRA
SABLIANTY
|
50,00
|
70,00
|
80,00
|
23
|
AZIS
MAULANA I
|
80,00
|
90,00
|
100,00
|
24
|
AZZAHRA
CYNDIATAMA
|
50,00
|
70,00
|
80,00
|
25
|
BAYU
ARIANTO
|
50,00
|
70,00
|
70,00
|
26
|
BELLA
YOLANDA
|
80,00
|
90,00
|
100,00
|
27
|
DAFFA
AKBAR P.
|
50,00
|
70,00
|
70,00
|
28
|
DEA
AMARTA D.
|
50,00
|
70,00
|
80,00
|
29
|
DEA
AMELIA
|
80,00
|
90,00
|
100,00
|
30
|
DELA
PUSPITA SILEGAR
|
50,00
|
70,00
|
80,00
|
JUMLAH
|
2060,00
|
1900,00
|
2600,00
|
|
RATA-RATA
|
68,67
|
63,33
|
86,67
|
|
TERBESAR
|
100,00
|
100,00
|
100,00
|
|
TERKECIL
|
60,00
|
50,00
|
70,00
|
Tabel 12
Analisis Nilai
Pra Siklus, Siklus 1 dan
Siklus 2
NO
|
NILAI
|
Persentase
|
||
PRA SIKLUS
|
SIKLUS I
|
SIKLUS 2
|
||
1
|
KURANG
|
53,33%
|
0,00%
|
0,00%
|
2
|
SEDANG
|
16,67%
|
53,33%
|
13,33%
|
3
|
BAIK
|
30,00%
|
46,67%
|
86,67%
|
JUMLAH
|
100,00%
|
100,00%
|
100,00%
|
Gambar
7
Grafik Analisis Nilai
Pra Siklus, Siklus 1
dan Siklus 2
Persentase
|
Siklus Perbaikan
|
Berdasarkan
dari tabel dan grafik analisis nilai hasil evaluasi Pra Siklus diperoleh data 16 siswa (53,33%) mendapat
nilai kurang, 5 siswa (16,67%) mendapat nilai sedang dan hanya 9 siswa (30%)
yang mendapat nilai baik. Dari data tersebut dapat diartikan bahwa tujuan
pembelajaran belum tercapai sepenuhnya untuk itu perlu diadakan perbaikan
pembelajaran. Perbaikan pembelajaran yang penulis lakukan untuk menindak
lanjuti adalah 2 (dua) Siklus perbaikan.
Berdasarkan
dari grafik analisis nilai hasil
evaluasi Siklus 1 diperoleh data 0 siswa
(0%) mendapat nilai kurang, 16 siswa (53,33%) mendapat nilai sedang dan 14 siswa (46,67%) yang mendapat nilai baik.
Dari data tersebut dapat diartikan sudah terjadi peningkatan nilai dari Pra
Siklus ke Siklus 1.
Berdasarkan
dari tabel dan grafik analisis nilai hasil evaluasi Siklus 2 diperoleh data tidak ada siswa mendapat nilai
kurang, 4 siswa (13,33%) mendapat nilai sedang dan 26 siswa (86,67%) yang
mendapat nilai baik. Dari data tersebut dapat diartikan sudah terjadi peningkatan
yang signifikan nilai dari Pra Siklus sampai siklus 2. Namun masi ada 4 siswa
yang nilainya sedang
Nilai
rata-rata kelas pada Pra Siklus 68,67 kemudian meningkat pada siklus 1 yakni
78,33 dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 86,67 dapat dikatakan tindakan
perbaikan pembelajaran yang penulis lakukan dapat meningkatkan hasil belajar
siswa dalam materi hubungan antara keadaan awan dan cuaca melalui metode
pengamatan pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN Sasakpanjang 01 Kec.
Tajurhalang Kab. Bogor
ni baru bisa diambil,makasih bro
BalasHapusterimakasih.. sangat membantu saya dalam menyusun pkp sekarang ini.
BalasHapusko grapiknya ga nampil ya
BalasHapusAssalamu alaikum wr wb.
BalasHapusizin share mas untuk contoh PKP saya, terima kasih
wassalamu alaikum wr wb